Kamis, 04 September 2014

K0rea Selatan Izinkan Penggunaan Bahan Aditif pada Pakan Ternak

Pemerintah Korea Selatan mencabut larangan penggunaan zilpaterol dalam daging sapi. Terbuka kembali peluang impor dan penjualan domestik daging yang mengandung bahan penambah massa otot.

Juru bicara kementerian pangan Korea Selatan mengatakan pada Selasa (02/09) bahwa keputusan diambil setelah bertanya pada petani melalui pemberitahuan publik selama beberapa bulan.

Impor otot daging sapi dengan kandungan 1 part per billion (pbb) zilpaterol, 5 ppb dalam hati sapi, dan 10 ppb dalam ginjal sapi telah disetujui pada akhir Agustus.

Menurut Reuters (02/09/2014), juru bicara itu menyampaikan bahwa tingkat pemakaian yang disetujui lebih rendah dibandingkan negara lain. Misalnya Amerika Serikat yang mengizinkan 12 ppb zilpaterol pada hati sapi. Tingkat penggunaan zilpaterol juga dinilai sudah aman bahkan bila konsumen memakannya sepanjang hidup.

Penggunaan zilpaterol pada dasarnya dapat meningkatkan pertumbuhan ternak beberapa minggu sebelum disembelih. Berat daging sapi pun akan bertambah. Salah satu merek zilpaterol yang banyak dipakai adalah Zilmax dari perusahaan Merck & Co. Pemakaian Zilmak diizinkan oleh US Food and Drug Administration pada tahun 2006.

Keputusan menyetujui jumlah tertentu zilpaterol awalnya akan dilakukan pemerintah Korea pada pertengahan Juli tahun ini namun mengalami penundaan sampai Agustus. Pengajuan kebijakan zilpaterol ini juga diminta Tiongkok pada bulan Juni.

Korea Selatan pertama kali mengumumkan niatnya melakukan kebijakan toleransi nol pada obat berbasis zilpaterol pada Oktober 2013. Ini diputuskan setelah dilakukan penilaian risiko dari zilpaterol.

Pada tahun yang sama, negara ini menghentikan impor beberapa daging sapi Amerika lebih dari 2 bulan setelah ditemukan jejak zilpaterol dalam dua pengiriman.

Sejumlah negara-negara Eropa hingga kini masih melarang daging sapi dengan penggunaan zilpaterol. Sebab dikhawatirkan ada efek samping dari pemakaian bahan tersebut.

(odi/odi)
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656082/s/3e28191d/l/0Lfood0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A90C0A50C0A533140C268190A20C2970Ckorea0Eselatan0Eizinkan0Epenggunaan0Ebahan0Eaditif0Epada0Epakan0Eternak/story01.htm
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger