Jumat, 29 Agustus 2014

T0l Trans Sumatera Dibangun, CT: Semua K0ta Menjadi Pusat Ek0n0mi

Padang -Pembangunan Tol Trans Sumatera sudah bukan lagi hanya menjadi wacana. Pada akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), jalan tol sepanjang 1.800 km tersebut mulai dibangun.

Menko Perekonomian Chairul Tanjung menyebutkan jalan tol ini akan membawa pengaruh besar terhadap perekonomian nasional. Terutama kota-kota di Sumatera yang diyakini dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

"Jadi semua kota akan menjadi pusat ekonomi yang baru," kata CT, sapaan Chairul Tanjung, usai rapat koordinasi dengan Gubernur se-Sumatera di Hotel Grand Inna Muara, Padang,(29/8/2014).

Menurut CT, penciptaan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi baru adalah semangat dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Pembangunan dan aktivitas perekonomian akan bergerak di seluruh daerah.

"Prinsipnya adalah pemerataan," ujarnya.

CT mengakui, jalur tol ini sebagian besar hanya akan melewati wilayah timur Sumatera. Akan tetapi, bukan berarti wilayah barat akan dibiarkan.

Menurut CT, kondisi wilayah akan disesuaikan dengan kemampuan teknis dan ekonomis. "Ada pertimbangan teknis dan ekonomis," sebut CT.

Bila tidak termasuk dalam jalur Tol, menurut CT, akan ada infrastruktur lain seperti dari sisi laut. "Nggak semua soal jalan tol. Ada infrastruktur lain yang bisa dibangun, asal tetap terkoneksi dengan baik dan tepat," tuturnya.

(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656082/s/3df6dd2e/l/0Lfinance0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A80C290C17270A50C26764370C40Ctol0Etrans0Esumatera0Edibangun0Ect0Esemua0Ekota0Emenjadi0Epusat0Eekonomi/story01.htm
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger