Jumat, 15 Agustus 2014

Lancar Bahasa Inggris, PNS Kemendag Bisa Kerja di Luar Negeri

Jakarta -Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memberikan perlakuan yang istimewa bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang mahir berbicara dan menulis bahasa Inggris. Kesempatan bekerja di luar negeri sebagai Atase Perdagangan terbuka sangat lebar.

"Untuk (yang lancar berbahasa Inggris) yang dipromosikan (keluar negeri). Kami lebih memprioritaskan kepada teman-teman yang punya kompetensi bahasa Inggris," kata Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemendag Gunaryo kepada detikFinance, Sabtu (16/08/2014).

Kemendag saat ini sudah mempunyai 19 Atase Perdagangan atau International Trade Promotion Center (ITPC) di 19 negara seperti Chicago (AS), Milan (Italia), Sydney (Australia), Cape Town (Afrika Selatan), dan Busan (Korsel).

Selain berkesempatan bekerja di luar negeri, PNS Kemendag yang mahir berbahasa Inggris juga berkesempatan mendapatkan kuliah S2 lanjutan gratis, melalui program beasiswa. Kuliahnya bisa di dalam negeri maupun luar negeri.

Namun ada syaratnya. Selain mempunyai keahlian berbahasa Inggris, dua program tersebut baru akan diberikan jika PNS telah bekerja selama 1 tahun.

"Hampir seluruh pegawai kita yang mengabdi lebih dari 1 tahun, kita berikan kesempatan untuk belajar baik di dalam maupun di luar negeri. Itu sekolah S2 yang muatannya substansi jarang ditulis pakai bahasa Indonesia, bahasa Inggris semua, tidak hanya oral tetapi tulisan dalam bahasa Inggris," papar Gunaryo.

Menurut data Biro Kepegawaian, Kemendag tahun ini membuka 124 lowongan CPNS yang akan ditempatkan di Jakarta dan Bandung yang akan mengisi lowongan sebanyak 29 jabatan, yaitu:

Analis Perdagangan Analis Kebijakan Fasilitator Perdagangan Auditor Perencana Verifikator Keuangan Sekretaris Pranata Komputer Pengawas Kemetrologian Widyaiswara Persyaratan untuk masuk seleksi CPNS Kemendag meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus yang tidak sama dengan tahun lalu, yaitu:Persyaratan umum seperti WNI (Warga Negara Indonesia), Bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki integritas yang tinggi terhadap NKRI, tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon anggota TNI/POLRI, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS ataupun pegawai swasta, tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan dan berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada 31 Januari 2014. Persyaratan khusus, antara lain: Diutamakan lulus Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi A, diutamakan IPK 3,00 dan skor TOEFL ≥ 550. Sesuai dengan surat Menpan nomor B/2870/M.PAN/7/2014 tentang Jadwal Kegiatan Pengadaan CPNS 2014, bahwa Pengumuman lowongan formasi akan diumumkan 18-29 Agustus 2014, dan pendaftaran online melalui portal nasional 20 Agustus - 3 September 2014. (wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656082/s/3d8dfb09/l/0Lfinance0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A80C160C1138180C26640A340C40Clancar0Ebahasa0Einggris0Epns0Ekemendag0Ebisa0Ekerja0Edi0Eluar0Enegeri/story01.htm
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger